Minggu, 24 Juli 2011

Home » » Lidah Emang ga Bertulang !!! Apaan Ya ....

Lidah Emang ga Bertulang !!! Apaan Ya ....

Wahhh bentar lagi puasa ....... Sebelumnya untuk menyambut puasa kita jaga-jaga dulu lidah-lidah, wahaha (sok buaget neh aku ....) Lidah memang tak bertulang (kalo bertulang kaku donk),  Ok prends! Makanya mulut sering banget keceplosan. Keceplosan ngomel, keceplosan maki-maki, keceplosan nyela, keceplosan ngegosip.... Woii, puasa nih! Direm dikit dong tuh imagemulut. Gini nih caranya!

  • SING A SONG

Musik itu bahasa cinta. Denger musik bikin hati seneng. Apalagi menyenandungkan alunan musik. Biar kata suara yang keluar kayak orang lagi kumur-kumur atau seperti kotek tokek kejepit, tetap aja bikin hati seneng.

So , ketika mulut mulai terasa “gatel”, musik bisa dijadiin minyak rem buat melumasi mulut. Sekadar bersiul or ngegerendeng na-na-na-na, lumayan buat “menyirami” hati yang panas. Menikmati bait per bait lagu yang kita senandungkan pelan-pelan juga bisa bikin kita lupa rangkaian kata-kata yang udah disiapin buat memaki-maki atau mencela seseorang.

  • MAINKAN SESUATU

Mulut dan tangan biasanya saing-saingan, jack . Kalo mulut ngoceh, tangan suka nggak tahan buat ikutan bergerak. Sebaliknya, kalo tangan bergerak tanpa sadar mulut suka ikut komat-kamit. Tapi kalo dua organ ini kita perlakukan berbeda (salah satu lebih diperhatiin), bisa dimanfaatin buat ngerem “rival”-nya lho.

    Kesimpulannya, untuk ngerem mulut supaya nggak menyemburkan kata-kata yang nggak perlu, tangan musti dikasih kerjaan lebih. Disuruh mainin game , disuruh nyoret-nyoret kertas, disuruh melintir-melintir tali tas.... Disuruh apa ajalah! Inget, semakin sibuk tangan bergerak, semakin besar kemungkinan mulut bisa dikendalikan.

  • BACA... BACA....

    Ada cerita dikit neh tentang seorang anak sebuah SMA. Namanya sebut saja Kriwel. Pas pulang sekolah di pertengahan bulan puasa tahun kemaren, mobil si Kriwel hampir dua kali keserempet. Pertama hampir keserempet becak, kedua hampir keserempet bemo.

    Kriwel kontan naik darah. Eh, nggak tau dateng dari mana, tiba-tiba di telinga Kriwel terdengar sebuah suara, “Well, baca tulisan di spanduk depan lo!”. Mata Kriwel sontak ngeliat ke arah spanduk yang ditunjuk sama suara itu dan mulai membaca: HORMATILAH ORANG YANG SEDANG PUASA. Dan... Kriwel pun tersadar!

    Nah, dari cerita tentang si Kriwel, ada pelajaran yang bisa kita ambil. Saat emosi mulai naik-turun, saat mulut mulai nggak ketahanan, cari tulisan yang bisa dibaca. Begitu udah ketemu baca berkali-kali sampe hapal di luar kepala. Mau baca dalam hati atau kenceng-kenceng, terserah! Kalo ngerasa baca satu spanduk atau pamflet masih kurang, baca juga tulisan daftar menu di warung-warung tenda pinggir jalan, di plang-plang penunjuk arah, dll.

  • HE’S  A NICE MAN

    Di dunia ini emang nggak semua orang baik dan menyenangkan. Tapi sejahat-jahatnya orang, pasti ada kebaikannya (biarpun sedikit). Kalo nggak percaya coba deh dipikirin. “Musuh” kita itu pernah nggak ngasih tebengan pas pulang sekolah? Atau mungkin dia pernah “nemenin” kita saat telat dateng ke sekolah dan diomelin sama guru piket? Terus, temen yang bakal jadi korban celaan pernah jadi kurir titipan salam kita buat gebetan? Atau dia mungkin pernah ngasih contekan ketika ulangan?

Pertanyaan-pertanyaan di atas cuma sebagain kecil contoh aja. Intinya sih cuma mau bilang kalo ketika kita mengingat kebaikan seseorang yang pernah dilakukan untuk kita, bisa bikin emosi yang tadinya hampir meledak jadi turn off .

  • BIKIN KARIKATUR DALAM OTAK

Ngeliat muka seseorang yang udah bikin kesel adalah penyebab utama emosi tersulut. Sedangkan ngeliat muka seseorang yang culun adalah penyebab utama keinginan nyela muncul. Itu sebabnya untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan, selama puasa mending menghindari berpapasan muka dengan orang-orang tersebut.

Lha kalo nggak bisa menghindar?

Keep silence  dan mulai membayangkan gambar karikatur muka mereka di dalam otak! Kalo kita kesel sama dia, bikin aja mukanya penyok-penyok. Tapi kalo kita kepengen banget nyela, bikin mukanya berubah-ubah seperti Sin Chan atau apa pun. Dijamin kita bakal senyum-senyum (bahkan mungkin cekakakan) sendiri. Itu lebih baik ketimbang mengeluarkan kata-kata makian atau celaan kan?

  • GIGIT BIBIR

Ini cara pamungkas kalo cara-cara di atas nggak ada yang mempan. Emang nyakitin nih cara yang ini. Soalnya semakin kita nahan buat nggak ngomong, gigitan biasanya makin keras, bapak/ibu/kakak/adik or mbak n mas. Makanya cara ini ditaruh di paling akhir! Uuh, gompel-gompel deh tuh bibir, hehehe....

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Populer

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

mau pinter

membuat blog atau website? klik saja di sini

© Copyright 2011. All Right Reserved by Pondok Pengetahuan | Designed by Free Blogger Templates | Premium Wordpress Themes | Coupons Code | Free Icons