Jumat, 10 Juni 2011

Home » » Menambah Elemen Halaman Di Bawah Header

Menambah Elemen Halaman Di Bawah Header

Waktu saya blog walking or silaturahim dibeberapa blog-blog yang lain diantara beberapa blog teman saya liat dibawah headernya sebelum postingan banyak aksesoris blognya, ragam widget salam sapa tuk pengunjunglah, bannerlah, iklanlah dan lah lah lainnya deh. Bermula dari awal ketertarikan itulah (lah lagi?), timbul hasrat saya tuk exsperimen kecil. Saya penasaran kok di template saya ngga ada dibagian elemen halaman kolom untuk menambah  gadget dibawah header ya?
Maka mulailah saya selancar dengan browsing, nanya kepaman google. Akhirnya nemu deh caranya, dipraktekkanpun langsung jadi karena rupanya tidak terlalu sulit, hanya butuh ketelitian dan kesabaran dikit ja…Alhamdulillah hasilnya dah ada. Tapi perlu diingat semangin banyak widget yang kita pasang semakin nambah berat blog kita. Saya sendiri kurang suka dengan banyak assesories, saya suka yang minimalis bahkan saya tidak menempatkan iklan dalam blog saya meski iklan itu menguntungkan (tergantung teman-teman, kan pendapat kita beda-beda) yang penting heppy. Nah ni saya bagi tutorialnya buat teman teman.
Bagaimana menambah elemen halaman tepat dibawah header
  • Anda mesti dalam keadaan log in ke blogger.
  • Masuk menu tata letak=>Edit HTML. Untuk mengantisipasi hal yang tidak anda inginkan, baiknya download lengkap dulu (backup) dulu template anda. Kalau saya langsung aja, he2.
  • Jangan lupa untuk mencentang kotak kecil Expand Template Widget.
  • Copy kode warna merah berikut, dan paste diatas kode ]]></b:skin> biar mudah pake ctrl+F yaaaa
#under_header{
margin:10px 0;
padding:1%;
width:100%;
}
  • Kemudian cari kode seperti ini :

<div id='header-wrapper'> 
<b:section class='header' id='header' maxwidget="1" showaddelement="no">
<b:widget id='Header1' locked='true' title='test (Header)' type='Header'/>
</b:section>
    </div>
  • Paste kode warna merah berikut dibawah kode tadi
<div id="under_header">
<b:section class='header' id='underheader' preferred='yes'/>
</div>
  • hasilnya seperti ini :

<div id='header-wrapper'>
<b:section class='header' id='header' maxwidget="1" showaddelement="no">
<b:widget id='Header1' locked='true' title='test (Header)' type='Header'/>
</b:section>
</div>

<div id="under_header">
<b:section class='header' id='underheader' preferred='yes'/>
</div>

  • Langkah terakhir tinggal save template.

Coba sekarang lihat ke elemen halaman udah ada laman atau kolom untuk tambah gadgetnya apa belum? Kalau belum mungkin ada yang keliru, coba lagi !  hehehehe

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Populer

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

mau pinter

membuat blog atau website? klik saja di sini

© Copyright 2011. All Right Reserved by Pondok Pengetahuan | Designed by Free Blogger Templates | Premium Wordpress Themes | Coupons Code | Free Icons