Senin, 11 April 2011

Home » » Welcome To INDONESIA

Welcome To INDONESIA

SELAMAT DATANG DI NEGERI ZAMRUD KHATULISTIWA INDONESIA


BLOG KALI INI AKAN MEMBAWA ANDA UNTUK MENENGOK KEINDAHAN ALAM DAN PESONA BUDAYA DI INDONESIA YANG SANGAT LUAR BIASA
                                                           AMAZING INDONESIA





Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia dengan jumlah pulau lebih dari 17.508 pulau yang terbentang sepanjang gariris khatulistiwa. Total luas indonesia adalah 1.919.440 km persegi dimana 2 per 3 nya adalah luas lautan dan menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara maritim terbesar di Indonesia. Panjang garis pantai di Indonesia adalah  81.000km atau sekitar 14 % dari panjang garis pantai seluruh indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan panjang garis pantai terpanjang nomor 2 didunia. Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa dan sangat melimpah
Disamping kekayaan alam yang sangat melimpah Indonesia juga mempunyai keindahan budaya yang sangat menakjubkan dan beragam. keberagaman budaya di Indonesia sangatlah mempesona sehingga siapa saja yang melihat pasti akan terkagum -kagum, keragaman ini disatukan oleh rasa cinta dan kasih sehingga perbedaan antara sesama akan tetap bersatu seprti semboyan negara Indonesia yaitu :
BHINEKA TUNGGAL IKA :
yang berarti
walaupun berbeda-beda tepai tetap satu jua

THE BEAUTY OF INDONESIA 

THE BEAUTY OF SUMATERA


Sumatera adalah salah satu pulau besar yang ada di Indonesia dan merupakan pulau terbesar ke-6 didunia dengan luas wilayah 443.065,8 km persegi. Pulau Sumatera merupakan pusat kebuyaan melayu yang memiliki keindahan budaya dan alam yang sangat mempesona.
BEAUTY OF NATURE
1. DANAU TOBA DAN PULAU SAMOSIR


Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di provinsi sumatera utara, indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di indonesiadan asia tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama pulau samosir
Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain bukit lawang dan nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. KEPULAUAN BANGKA BELITUNG


Kepulauan bangka belitung adalah salah satu kepulauan yang ada di Indonesia serta mempunyai keindahan yang sangat luar biasa dan menjadikan kepulaan ini sebagai salah satu pulau tujuan wisata di Indonesia
Kepulauan bangka belitung terdiri dari dua pulau utama yaitu bangka dan belitung serta pulau pulau kecil di sekitarnya, total seluruhnya adalah sekitar 470 pulau, dan setiap pulau menawarkan pesonanya masing – masing
3. DANAU SINGKARAK


Danau Singkarak berada di dua kabupaten di provinsi sumatera barat, indonesia, yaitukabupaten solok dan kabupaten tanah datar.
Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas ke-2 di pulau sumatera. Danau ini merupakan hulu batang ombiling. Namun sebahagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus bukit barisan ke batang anai untuk menggerakkan generator PLTA singkarak di dekat lubuk alun , kabupaten padang pariaman
4. KEPULAUAN MENTAWAI

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang dibahagian paling barat pulau sumatera dan dikelilingi oleh samudera hindia.
Kepulauan Mentawai merupakan bagian dari serangkaian pulau non-vulkanik, dan gugus kepulauan itu merupakan puncak-puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut.
5. KEPULAUAN NATUNA
Kabupaten Natuna, adalah salah satu kabupaten di provinsi kepulauan riau, indonesia. Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata. Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan vietnam dankamboja, di selatan berbatasan dengan sumatera selatan dan jambi di bagian barat dengan singapura, malaysia, riau. dan di bagian timur dengan Malaysia Timur dan kalimantan barat. Natuna berada pada jalur pelayaran internasional hongkonh, jepang, korea  dan taiwan . Kabupaten ini terkenal dengan penghasil Minyak dan Gas. Cadangan minyak bumi Natuna diperkirakan mencapai 14.386.470 barel, sedangkan gas bumi 112.356.680 barel.
6. SABANG
Kota Sabang adalah salah satu kota di aceh, indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara pulau sumatera, dengan pulau weh  sebagai pulau terbesar.
Kota Sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya di pulau rondo
7. NGARAI SIANOK
Pemandangan ngarai sianok sangat indah. Hijau daun-daun pepohonan terbentang luas dan bertengger di perbukitan yang terjal. Pesona inilah yang disajikan di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatra Barat. Kedalamannya mencapai 100 meter yang membentang sepanjang 15 kilometer.
8. PULAU BINTAN
Pulau Bintan adalah pulau yang terbesar digugusan kepulauan Riau yang baru saja diresmikan sebagai provinsi, dengan Tanjung Pinang (N000.413020 – E104.454545) sebagai Ibu Kota provinsi Kepulauan Riau. Pulau Bintan ini terletak sekitar 50 miles sebelah selatan Singapore. Kegiatan ekonomi utama pulau Bintan, selain penambangan dan perdagangan antar pulau, turisme mungkin merupakan kontribusi yang terbesar bagi pendapatan daerah. Bagian utara pulau Bintan, yang dikenal dengan Lagoi, disediakan untuk turisme, khususnya bagi turist – turist Malaysia dan Singapore.
9. GUNUNG ANAK KRAKATAU
Gunung anak krakatau adalah salah satu gunung vulkanik yang ada di Indonesia, keistimewaan dari gunung ini adalah karena letaknya yang berada di tengah selat sunda. Gunung krakatau adalah gunung yang masih aktif dan menyimpan banyak misteri dan keindahan.
BEAUTY OF CULTURE
1. SONGKET
Songket adalah jenis kain tenunan tradisional melayu. Songket biasanya ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi.
Asal-usul kain songket adalah dari perdagangan zaman dahulu di antara tiongkok dan india Orang Tionghoa menyediakan sutera sedangkan orang India menyumbang benang emas dan perak. Akibatnya, jadilah songket.
Kain songket ditenun pada mesin tenun bingkai Melayu. Pola-pola rumit diciptakan dengan memperkenalkan benang-benang emas atau perak ekstra dengan penggunaan sehelai jarum leper.
Songket harus melalui delapan peringkat sebelum menjadi sepotong kain dan masih ditenun secara tradisional. Karena penenun biasanya dari desa, tidak mengherankan bahwa motif-motifnya pun dipolakan dengan flora dan fauna lokal. Motif ini juga dinamai dengan kue lokal Melayu seperti seri kaya, wajik, dan tepung talam, yang diduga merupakan favorit raja.
2. ULOS
Ulos atau sering juga disebut kain ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat batak, sumatera. Dari bahasa asalnya, ulos berarti kain. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khaspalembang, yaitu menggunakan alat tenun bukan mesin .
3. TARI PIRING
Tarian Piring merupakan seni tari yang dimiliki oleh orang Minangkabau yang berasal dari Sumatera Barat. Tarian tersebut menggambarkan rasa kegembiraan dan rasa syukur masyarakat Minangkabau ketika musim panen telah tiba, dimana para muda mudi mengayunkan gerak langkah dengan menunjukkan kebolehan mereka dalam mempermainkan piring yang ada di tangan mereka.
Tarian ini diiringi lagu yang dimainkan dengan talempong dan saluang, yang dimana gerakannya dilakukan dengan cepat sambil memegang piring di telapak tangan mereka. Kadangkala piring-piring tersebut mereka lempar ke udara atau mereka menghempaskannya ke tanah dan diinjak oleh para penari tersebut dengan kaki telanjang.
Kesenian tari piring ini dilakukan secara berpasangan maupun secara berkelompok dengan beragam gerakan yang dilakukan dengan cepat, dinamis serta diselingi bunyi piring yang berdentik yang dibawa oleh para penari tersebut. Pada awalnya sejarah tari piring ini memiliki maksud dalam pemujaan masyarakat minangkabau terhadap Dewi Padi dan penghormatan atas hasil panen. Namun pada jaman sekarang tarian tersebut lebih sering diadakan pada acara pernikahan.
Tari Piring ini menjadi sangat digemari bahkan di negeri tetangga juga seperti Malaysia tari ini sering dibawakan. di luar negeri tari piring dikenal dan disenangi karena tarian ini memiliki gerakan yang enerjik, bersemangat, atraktif, dinamis, serta gerakan dari tari tersebut tidak monoton sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton Tari Piring.
THE BEAUTY OF JAVA
Pulau jawa adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 138.793,6 km persegi. Pulau jawa adalah pulau yang menyimpan banyak misteri, keindahan alam, dan kebudayaan yang sangat beragam dan indah
BEAUTY OF NATURE
1. GRENN CANYON
Green Canyon adalah tempat yang tidak akan dilewatkan saat mengunjungi daerah Pangandaran. Hal ini tidak berlebihan karena tempat wisata ini menawarkan keunikan yang sulit didapat dari tempat wisata lainnya. Pemandangan indah dan keasrian ditawarkan di Green Canyon yang sebelumnya bernama Cukang Taneuh.
2. KEPULAUAN KARIMUN JAWA
Karimunjawa termasuk kepulauan indah yang ada di Indonesia yang terdapat di daerah Jepara. Karimunjawa termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah yaitu di pesisir pantai utara Pulau Jawa. Kepulauan ini juga telah ditetapkan sebagai Taman Nasional. Hamparan pasir putih dan air yang jernih merupakan pemandangan yang akan Anda nikmati. Suasana alami, asri dan tenang masih sangat terasa dan akan membuat Anda merasa betah berlama-lama di sini.
3. GUNUNG BROMO
Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Tempat wisata alam ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di timur kota Malang, Jawa Timur. Pengunjungnya bukan hanya wisatawan lokal, bahkan banyak yang berasal dari luar negeri. Dengan pemandangan yang khas membuat Bromo layak menjadi tujuan wisata.
4. KAWAH IJEN
Kawah Ijen merupakan salah satu kawasan wisata yang dapat Anda kunjungi selama liburan  di Jawa Timur. Kawah yang terletak di Gunung Ijen ini merupakan salah satu kawah paling asam yang terbesar di dunia.
5. GUA MAHARANI
Hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari pantai Laut Jawa yang berada di kawasan wisata pantai Tanujung Kodok (sekarang telah berubah nama menjadi kawasan Wisata Bahari Lamongan), Gua Istana Maharani merupakan salah satu objek wisata gua yang cukup terkenal di Indonesia.
Lokasi Gua Istana Maharani sangat strategis sebagai tempat wisata untuk santai istirahat dalam perjalanan wisata budaya ziarah makam Walisongo di sepanjang pantai utara Pulaua Jawa. Disebelah timur Gua Istana Maharani terdapat makam Sunana Drajat sedangkan di selatan gua kurang lebih 1,5 km terdapat situs makam Sunan Sendang Duwur yang berada pada gunung Amitunon, tempat pembakaran mayat si zaman Majapahit dan Singosari.
Dengan luas yang tidak seberapa besar yakni +/- 2500 m2, dibutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk mengitarinya dengan mengikuti tangga dan jalan setapak yang dibangun didalam gua dan terbuat dari semen. Pada bagian atas gua telah dibuatkan jalan angin berupa blower kipas angin yang menembus batu setebal lima meter. Berbagai lampu sorot warna-warni memperkuat dan memperjelas sisi-sisi gua ini yang memang penuh dengan berbagai bentuk maupun ornamen dari bebatuan stalagtit/stalagmit. Ornamen bebatuan stalagtit/stalagmit tersebut cukup unik, ada yang berbentuk mirip singgasana raja ada pula yang mirip flora/fauna. Total ada puluhan nama yang mewakili sekelompok tertentu dari batuan gua.
Gua Istana Maharani ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang kuli batu bernama Sugeng tatkala mengali batuan fosfat ditempat kerjanya. Pada hari Kamis 6 Agustus 1992, tatkala rekan-rekan kerjanya telah mulai istirahat siang karena kelelahan,Sugeng tetap bekerja tanpa suatu firasat apapun. Tiba-tiba saja ujung linggisnya menembus sebuah dinding dimana terdapat rongga besar didalamnya. Sugen bersama teman-temannya dengan gemetar memasuki gua yang masih perawan ini dengan penerangan lampu senter. Decak kagum menyelimuti hati para pekerja harian itu ketika mereka berada dalam rongga tanah berkapur yang ternayat amat luas dan penuh dengan keindahan bebatuan stalagtit dan stalakmit yang menakjubkan. Dari pantulan lampu senter terlihat gemerlap kilauan bintik-bintik putih terang bak intan berlian memantul ke wajah. Itulah kerlap kerlip batu kapur di langit-langit di lantai dan di-dinding gua, terkena sinar dari luar lewat pintu gua yang baru dibuat oleh sugeng dan kawan-kawannya.
Dua hari mereka merahasiakan penemuan gua ini namun setelah itu bocor juga berita adanya guaindah di akwasan Tanjung Kodok. Pada saat itu juga mandor Sunyoto segera melapor kepada Camat Paciran dan diteruskan ke Pemerintah Kabupaten Dati II Lamongan tentang penemuan gua indah oleh pekerjanya. Masyarakatpun mulai berbondong-bondong memasuki gua untuk melihat kecantikan isi gua dengan bantuan lampu penerangan petromak. Namun sayangnya banyak pengunjung yang merusak ujung-ujung stalaktit untuk dibawa pulang. Untuk pengamanan sementara, maka dibuatkan pintu berjeruji besi pada awal minggu ke dua setelah penemuan gua ini.
Keunikan terjadi saat pemberian nama gua ini. Banyak orang saling mengusulkan nama untuk gua yang baru ditemukan baik dari pejabat maupun dari masyarakat. Akhirnya oleh Bupati Lamongan di beri nama Gua Istana Maharani, yang merupakan pemberian nama dari istri Sunyoto, berdasarkan mimpi yang diperolehnya sebelum gua itu ditemukan. Kabarnya, sehari sebelum tanggal 6 Agustus 1992, Ny Sunyoto bermimpi bahwa direlung batu did epan gua baru tempat kerja suaminya ini terlihat seorang wanita canik memakai mahkota warna-warni. Mahkota wanita cantik ini bercahaya kemilau berlapis emas bertahtakan intan-berlian, bermotifkan bunga mawar dan dahlia. Ketika Ny Sunyoto terbagun dalam keheningan malam, merasakan ada bisikan bahwa dia baru saja melihat mahkota indah milik seorang Ratu yang disebut Maharani. Sang Ratu bermahkota indah ini tampak dalam relung didepan pintu gua yang akhrinya menjadi kenyataan.
Nama Maharani atau Istana Maharani sangat cocok ditetapkan,sebab di dalam gua ini terdapat banyak kenyataannya. Kondisi dalam gua, bak istana dimana terdapat seonggok bebatuan stalgamit di pelataran gua yang mirip mahkota Raja Puteri (Ratu Maharani). Ruangan Gua Istana Maharani dipenuhi pilar-pilar penyangga dan langit-langit berukir. Sungguh sangat mempesona jika telah masuk gua istana Maharani
6. CAGAR ALAM UJUNG KULON
Taman Nasional ujung kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Kawasan Taman nasional ini juga memasukan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil disekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang. Taman ini mempunyai luas sekitar 1,206 km² (443 km² diantaranya adalah laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia.
Taman Nasional ini menjadi Taman Nasional pertama yang diresmikan di Indonesia, dan juga sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1992, karena wilayahnya mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Sampai saat ini kurang lebih 50 sampai dengan 60 badak hidup di habitat ini.
Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang merupakan taman nasional tertua di Indonesia. Taman ini merupakan cikal-bakal beberapa taman nasional di Indonesia, seperti Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara atau kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara.
Selain nilai historisnya, kawasan ini memiliki zona inti seluas kurang lebih 120.551 ha yang terbagi menjadi 76.214 ha berupa daratan dan 44.337 ha berupa lautan dan daerah berbatu karang. Zona inti yang berfungsi sebagai cagar alam dan suaka margasatwa ini memiliki berbagai macam keistimewaan, di antaranya keanekaragaman jenis biota laut, darat, dan satwa langka.
Satwa langka yang dimaksud di atas salah satunya adalah badak Jawa bercula satu [rhinoceros sondaicus] atau yang biasa disebut bacusa. Hewan langka ini merupakan salah satu ciri khas Taman Nasional Ujung Kulon dengan tingkat populasi sekitar 50—60 ekor. Habitat lain dengan populasi lebih rendah [kurang dari 10 ekor] berada di Taman Nasional Cat Tien, Vietnam. Populasi satwa yang termasuk kategori hewan purba tersebut kini terancam punah karena tindakan para kolektor cula [tanduk] badak, namun wisatawan masih dapat menyaksikan wujud dan kehidupan mereka di sini. Di kawasan ini, terdapat beberapa satwa liar dan langka lainnya, seperti rusa, mancak, banteng Jawa (bos javanicus), primata [monyet dan simpanse], babi hutan, rase lemur, lutung (presbytis cristata), gibon Jawa (hylobates moloch), anjing hutan (coun alpinus), kucing batu (felis bengalensis), harimau (panthera trigis), suruli (presbity aygula), dan 270 jenis burung.
Kekayaan lainnya berupa biota laut, salah satunya ialah keindahan terumbu karang yang menjadi sumber makanan dan tempat berlindungnya ribuan jenis ikan laut. Karenanya, konservasi terhadap terumbu karang menjadi perhatian besar pengelola taman nasional. Pesan yang ingin disampaikan oleh pengelola pada wisatawan ialah rusaknya terumbu karang berarti juga ancaman bagi ekosistem ribuan ikan yang ada di zona laut di kawasan taman nasional ini.
Jadi Anda yang berada di daerah sekitar misalnya Jakarta, Lampung, Bandung, dll bisa mengunjungi tempat wisata ini baik menggunakan mobil pribadi maupun menggunakan rental mobil lampung, car rental bandung , dll. Jadi banyak transportasi menuju ke tempat ini.
7. KEPULAUAN SERIBU

Wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu mencakup wilayah daratan dan lautan dengan sekurangnya terdapat 110 pulau. Kepulauan Seribu, di samping sangat eksotik, juga menyimpan banyak cerita dari masa lalu. Misalnya di Pulau Kelor, dimana terdapat benteng yang melindungi galangan kapal di Pulau Onrust dan banyak lagi lainnya. Luas wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu saat ini mencapai 11.80 Km2 dan secara administratif dibagi menjadi 2 Wilayah Kecamatan 6 Kelurahan.
8. GUMUK PASIR

Gumuk pasir Parangkusumo terletak 22 Km dari kota Yogyakarta. Adalah salah satu fenomena alam yang terbentuk dari Pasir Kali Opak, Kali Progo yang dibawa dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu juga Gunung Sindoro di barat daya wilayah ini. Angin Samudera Hindia yang keras, alun Laut Selatan yang kuat dan dinding karst Gunung Sewu di sebelah timur wilayah ini, mencegah pasir-pasir ini mengendap di dasar laut. Pasir-pasir ini kemudian tertumpuk dengan bentang 50-60 Km, mulai dari Pantai Parangtritis, Pantai Samas hingga Pantai Congot, menciptakan gumuk pasir yang diukir kemudian oleh angin.
9. DATARAN TINGGI DIENG

Dataran tinggi dieng adalh salah satu dataran tinggi yang ada di indomesia. dataran tinggi dieng mempunyai ketinggian rata -rata 2.000 meter diatas permukaan laut, dan menjadikannya sebagai dataran tinggi tertinggi nomer dua didunia. selain keindahan alam yang mempesona kita juga dapat menikmati keindahan kompleks percandian dieng yang sangat indah.
10. PANTAI SRAU
Pantai ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Jaraknya sekitar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan. Kita bisa mencapai lokasinya dengan kendaraan umum yang biasa disebut colt atau kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4. Untuk roda 3, bukannya diskriminasi yah, tapi emang medannya nggak banget jadi jangan dicoba.
Secara informal, Pantai Srau dibagi menjadi 3 lokasi. Lokasi pertama yang terletak paling dekat dengan pos penjagaan masuk ke lokasi pantai ini. Pada lokasi pertama ini, yang paling menonjol dan merupakan keunikannya dibandingkan tiga lokasi lain adalah bebatuan karang yang mencuat dan banyak membentuk bukit di sekeliling bibir pantai.
Untuk masalah perairannya, sangat jernih dengan dominasi warna biru artinya tidak banyak alga dan kedalamannya cukup mengerikan. Untuk kondisi wilayah pasang surutnya berpasir bukan berbatu, serta ombaknya cukup ganas walau kadang tidak terlalu tinggi.
BEAUTY OF CULTURE
1. CANDI BOROBUDUR
Candi borobudur adalah bangunan monumental bercorak agama budha yang merupak mahakarya luhur nenek moyang bangsa indonesia. candi borobudur merupakan candi terbesar didunia yang dibangun sekitar abad le delapan. candi borobudur telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dilestarikan keberadaannya an
2. CANDI PRAMBANAN

Candi prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang merupakan salah satu candi bercora agama hindu. candi prambanan adalah candi hindu tercantik didunia dan candi hindu terbesar di asia tenggara. candi prambanan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dilestarikan keberadaannya.
3. SENDRATARI RAMAYANA
Sendratari Ramayana menceritakan perjalanan hidup Rama. Sedangkan Sendratari yang ditampilkan hanya merupakan sebagian kecil dari perjalanan hidup Rama. Cerita ini Berasal dari aliran / agama hindu yang datang dari India , maka di India pun cerita ini sangat terkenal. Candi Prambanan dipilih sebagai tempat pelaksanaan Sendratari karena candi tersebut merupakan candi peninggalan agama Hindu dan cerita Ramayana juga merupakan cerita beraliran Hindu. Candi Prambanan berfungsi untuk memberi penghormatan bagi Dewa Siwa, Dewa Wisnu, dan Dewa Rahmat. Candi ini juga berfungsi untuk melestarikan budaya dan mengenalkan sejarah bagi para turis.
4. BATIK
Batik adalah salah satu kain tradisional jawa yang sangat indah dan mempesona. batik telah melekat pada kebudayaan dan kehidupan sehari – hari masyarakat jawa. batik biasanya dipakai pada upacara upacara adat, pakairaja – raja jawa, tarian tarian jawa, serta pakaian sehari hari. batik telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia milik bangsa indonesia.
5. KARAPAN SAPI
Kerapan atau karapan sapi adalah satu istilah dalam bahasa Madura yang digunakan untuk menamakan suatu perlombaan pacuan sapi. Ada dua versi mengenai asal usul nama kerapan. Versi pertama mengatakan bahwa istilah “kerapan” berasal dari kata “kerap” atau “kirap” yang artinya “berangkat dan dilepas secara bersama-sama atau berbondong-bondong”. Sedangkan, versi yang lain menyebutkan bahwa kata “kerapan” berasal dari bahasa Arab “kirabah” yang berarti “persahabatan”. Namun lepas dari kedua versi itu, dalam pengertiannya yang umum saat ini, kerapan adalah suatu atraksi lomba pacuan khusus bagi binatang sapi. Sebagai catatan, di daerah Madura khususnya di Pulau Kangean terdapat lomba pacuan serupa yang menggunakan kerbau. Pacuan kerbau ini dinamakan mamajir dan bukan kerapan kerbau.
6. TARI REOG PONOROGO
Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari jawa timur bagian barat-laut dan ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak , dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.
7. TARI TOPENG CIREBON

Tari topeng adalah salah satu tarian tradisional yang ada di Cirebon. Tari ini dinamakan tari topeng karena ketika beraksi sang penari memakai topeng. Konon pada awalnya, Tari Topeng diciptakan oleh sultan Cirebon yang cukup terkenal, yaitu Sunan Gunung Jati. Ketika Sunan Gunung Jati berkuasa di Cirebon, terjadilah serangan oleh Pangeran Welang dari Karawang.
8. WAYANG KULIT
Wayang adalah kesenian khas jawa yang sangat memukau. orang yang memerankan tokoh wayang dinamai dengan dalang. wayang telah menjadi seni pertunjukan yang sangat digemari masyarakat jawa. wayang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia milik bangsa indonesia
THE BEAUTY OF KALIMANTAN
Kalimantan adalah pulau yang memiliki luas wilayah 743.330 km persegi, yang dimiliki oleh tiga negara yaitu indonesia, malaysia, dan brunai darussala,. sebagian besar wilayah kalimantan dikuasai oleh indonesia. kalimantan di wilayah indonesiaadalah pulau yang indah dan mempesona
BEAUTY OF NATURE
1. TAMAN NASIONAL KUTAI
Taman Nasional Kutai memiliki berbagai tipe vegetasi utama yaitu vegetasi hutan pantai/mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, hutan genangan dataran rendah, hutan ulin/meranti/kapur dan hutan Dipterocarpaceae campuran. Taman nasional ini merupakan perwakilan hutan ulin yang paling luas di Indonesia.
Beberapa tumbuhan yang ada di taman nasional seperti bakau (Rhizophora sp.), tancang (Bruguiera sp.), cemara laut (Casuarina equisetifolia), simpur (Dillenia sp.), meranti (Shorea sp.), benuang (Octomeles sumatrana), kapur (Dryobalanops sp.), ulin (Eusideroxylon zwageri), 3 jenis raflesia dan berbagai jenis anggrek.
Pohon ulin yang terdapat di Sangkimah memiliki tinggi bebas cabang 45 m, diameter 225 cm atau keliling batang 706 cm dan volumenya 150 m3. Pohon ini tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia.
Disamping memiliki potensi keanekaragaman tumbuhan, taman nasional ini juga memiliki potensi keanekaragaman satwa yang tinggi, yaitu dari kelompok primata seperti orangutan (Pongo satyrus), owa kalimantan (Hylobates muelleri), bekantan (Nasalis larvatus), kera ekor panjang (Macaca fascicularis fascicularis), beruk (M. nemestrina nemestrina), dan kukang (Nyticebus coucang borneanus). Kelompok ini dapat dijumpai di Teluk Kaba, Prevab-Mentoko dan Sangkimah. Kelompok ungulata seperti banteng (Bos javanicus lowi), rusa sambar (Cervus unicolor brookei), kijang (Muntiacus muntjak pleiharicus), dan kancil (Tragulus javanicus klossi). Kelompok ini dapat dijumpai di seluruh kawasan Taman Nasional Kutai. Kelompok carnivora seperti beruang madu (Helarctosmalayanus euryspilus) bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus), elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), pergam raja/hijau (Ducula aenea), ayam hutan (Gallus sp.), beo/tiong emas (Gracula religiosa), dan pecuk ular asia (Anhinga melanogaster melanogaster).
2. KEPULAUAN DERAWAN
Kepulauan derawan adalah suatu kepulauan yang terletak di kalimantan timur. kepulauan derawan menyajikan pemandangan alam yang sangat cantik, selain kecantikan alam kepulauan derawan juga menyajikan keindahan alam bawah laut yang luar biasa indah.
3. TAMAN NASIONAL BUKIT BAKA – BUKIT RAYA
Taman nsional bukit baka – bukit raya adal;ah salah satu taman nasional yang ada di indonesia tepatnya di perbatasan antara kalimantan barat dengan kalimantan tengah. tercatat 817 jenis fauna dan puluhan jenis fauna dapat dijumpai di taman nasional ini.
BEAUTY OF CULTURE
1. SUKU DAYAK

Suku dayak adalah nama sebuah asli kalimantan ( indonesia ) yang hidup di gunung gunung serta hutan hutan kalimantan. suku dayak mempunyai keaneka ragaman budaya yang sangat indah. suku dayak adalah suku yang menjunjung tinggi nilai nilai kebersaman. selain itu suku dayak juga dikenal sebagai suku yang sangat eksotis.
2. KERAJAAN BANJAR
Kerajaan banjar adalah sebuah kerajaan islam di kalimantan yang masih memegang adat dan istiadat kerajaan islam yang kental
THE BEAUTY OF BALI
Pulau bali adalah nama salah satu provinsi  sekaligus nama sebuah pulau di indonesia. pulau bali memiliki luas 5.634 kilometer persegi. pulau bali memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa indah dan memiliki kebudayaan yang sangat unik serta mempesona. bali merupakan salah satu pulau tujuan wisata utama di indonesia. keindahan pulau bali telah terkenal tidak hanya di indonesia tetapi juga di manca negara, keindahan alam dan kebudayaan bali yang tersohor menjadikannya sebagai pulau terindah didunia, selain itu bali juga dikenal sebagai surga tropis terindah.
THE BEAUTY OF NATURE
1. ULU WATU

Uluwatu adalah tebing batu dibali yang mempunyai pemandangan yang sangat indah. kita dapat melihat lautan lepas dan mata hari tenggelam ketika berada ditas tebing uluwatu. selain itu diatas tebing uluwatu juga terdapat sebuah pura yang bernama pura luhur uluwatu
2. TANAH LOT

Tanah Lot Bali dikenal sebagai tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari tenggelam (sunset) di Bali. Apalagi kalau menyaksikannya lewat tebing tinggi yang juga ditempati restoran-restoran kecil disana. Saat terbaik untuk berkunjung ditempat ini adalah antara pukul 17.00 – 18.30 WITA.
Pura Tanah Lot merupakan salah satu pura suci terbesar di pulau Bali. Disini juga sering diadakan upacara-upacara besar umat Hindu Bali. Selain tempatnya yang sangat luas dan pemandangan matahari tenggelam yang sangat spektakuler, deburan ombak disekitar area pura juga menjadi daya tarik tersendiri.
3. DANAU BERATAN BEDUGUL

Danau Beratan yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau yang terletak paling timur di antara dua danau lainnya yaitu Tamblingan dan Buyan, yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar, Danau Beratan terbilang cukup istimewa.
Berada di jalur jalan propinsi yang menghubungkan Denpasar – Singaraja serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Beratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai.
Di tengah danau terdapat sebuah Pura yaitu Pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan.
4. PANTAI DREAMLAND
Dreamland atau lebih dikenal sebagai Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai terindah di Bali selain Pantai Kuta. Pantai ini terletak di daerah Pecatu, sebuah daerah di bagian selatan Bali. Pantai yang terletak tidak jauh dari daerah Uluwatu di Pulau Dewata ini sudah sangat terkenal karena keindahannya. Keindahan dan kebersihan pantai menambah daya tarik pengunjung, bukan hanya dari dalam negeri tapi juga turis manca negara.
5. PANTAI KUTA
Pantai Kuta, pantai yang terkenal karena sunsetnya, selalu menjadi pilihan utama bagi wisatawan domestik maupun asing yang berlibur ke Bali.
Pantai dengan pasir putih ini membentang panjang sampai ke kawasan airport Bali, Gusti Ngurai Rai dan kawasan wisata Seminyak atau Kerobokan..
Di siang hingga sore hari, Pantai Kuta banyak digunakan sebagai kegiatan surfing, sunbathing, dan kegiatan santai lainnya. Di sore hari, banyak orang yang menghabiskan untuk bermain bola atau hanya sekedar menikmati indahnya sunset pantai Kuta.
6. PANTAI SANUR
Pantai Sanur adalah salah satu pantai yang menarik di Pulau Bali. Pantai ini memiliki panjang 3 kilometer dengan garis pantai menghadap ke timur. Pantai Sanur terkenal dengan pantainya yang berwarna putih bersih dan lembut. Disamping itu, pantai Sanur merupakan pantai yang berbatu karang sehingga memiliki kelebihan tersendiri.
7. NUSA LEMBONGAN
Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau kecil dari deretan tiga pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali, yakni Nusa Penida, Nusa CeninganNusa Lembongan. Pulau Nusa Lembongan adalah yang terbaik dari kedua pulau yang lain. Pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Klungkung dan letaknya dipisahkan oleh Selat Badung dari pulau Bali. Meski hanya sebuah pulau kecil, Nusa Lembongan mampu menyuguhkan berbagai macam fasilitas rekreasi. Di pulau yang hampir berimpitan dengan Nusa Penida dan Nusa Ceningan itu kita akan disambut pantai berpasir putih dengan laut jernih dan berbagai jenis ikan berwarna-warni serta terumbu karang yang indah dan beraneka warna.
THE BEAUTY OF CULTURE
1. TARI KECAK
Di Bali terdapat sejenis tarian yang cukup unik, dan dimainkan terutama oleh laki-laki dimana jumlah pemainnya mencapai puluhan atau lebih penari yang duduk berbaris dan melingkar dengan irama tertentu menyerukan suara “cak” sambil mengangkat kedua tangannya. Hal tersebut menggambarkan ketika barisan kera membantu Rama melawan Rahwana dalam kisah Ramayana.
Kecak berasal dari ritual Sanghyang, yaitu tradisi dimana penarinya akan dalam keadaan tidak sadar karena melakukan komunikasi dengan tuhan, atau roh para leluhur yang kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat. Pada tari kecak tidak menggunakan alat musik dan hanya menggunakan kincringan yang dikenakan pada kaki para penari yang sedang memerankan tokoh-tokoh Ramayana. Sedangkan para penari yang duduk melingkar mengenakan kain kotak-kotak yang melingkari pinggang mereka.
2. TARI LEGONG KERATON
Legong Keraton adalah sebuah tarian klasik Bali yang memiliki pembendaharaan gerak yang sangat komplek dan diikat oleh struktur tabuh pengiring yang konon mendapat pengaruh dari Tari Gambuh. Kata Legong Keraton terdiri dari dua kata yaitu legong dan kraton. Kata legong diduga berasal dari kata “leg” yang berarti gerak tari yang luwes. Lemah gemulai. Sementara “gong” berarti gambelan. “leg” dan “gong” digabung menjadi legong yang mengandung arti gerakan yang diikat, terutamaaksentuasinya oleh gambelan yang mengiringinya.
Jadi Legong Keraton berarti sebuah tarian istana yang diiiringi oleh gambelan. Sebutan legong kraton merupakan perkembangan berikutnya. Ada praduga bahwa Legong Kraton berasal dari pengembangan Tari Sang Hyang.
Pada mulanya legong berasal dari Tari Sang Hyang yang merupakan tari improvisasi dan kemudian gerak-gerak improvisasi itu ditata, dikomposisikan menurut pola atau struktur dari pegambuhan (gambelan). Gerakaan-gerakan tari yang membangun Tari Kraton ini disesuaikan dengan gambelan sehingga tari ini menjadi tarian yang indah, dinamis dan abstrak. Gambelan yang dipakai mengiringi tari ini dalam seni pertunjukan kemasan baru adalah gambelan gong kebyar.
3. TARI PENDET
Tari Pendet merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura. Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, kaum wanita dan gadis desa.
4. PURA BESAKIH
Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 18 Pura dan 1 Pura Utama. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan-bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di Besakih. Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca utama Tri Murti Brahma, Wisnu dan Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur.
5. UPACARA NGABEN
Ngaben adalah upacara penyucian atma (roh) fase pertama sbg kewajiban suci umat Hindu Bali terhadap leluhurnya dengan melakukan prosesi pembakaran jenazah. Seperti yg tulis di artikel ttg pitra yadnya, badan manusia terdiri dari badan kasar, badan halus dan karma. Badan kasar manusia dibentuk dari 5 unsur yg disebut Panca Maha Bhuta yaitu pertiwi (zat padat), apah (zat cair), teja (zat panas) bayu (angin) dan akasa (ruang hampa). Kelima unsur ini menyatu membentuk fisik manusia dan digerakan oleh atma (roh). Ketika manusia meninggal yg mati adalah badan kasar saja, atma-nya tidak. Nah ngaben adalah proses penyucian atma/roh saat meninggalkan badan kasar.
THE BEAUTY OF NUSA TENGGARA

Nusa tenggara di bagi atas dua wilayah yaitu wilayah barat yang di sebut dengan nusa tenggara barat dan yang berada di sebelah timur disebut dengan nusa tenggara timur. kepulauan nusa tenggra memiliki  pesona alam yang sangat luar biasa dan keanekaragaman budaya yang unik.
THE BEAUTY OF NATURE
1. PULAU LOMBOK

Pulau lombok adalah salah satu pulau yang berada di nusa tenggara barat yang mempunyai daya tarik dan keindahan alam yang mempesona. Karena keindahannya yang amat luar biasa cantik lombok menjadi salah satu pulau tujuan wisata utama di indonesia bahkan dunia. Keindahan pantai dan ombak yang besar dan berkelas dunia  menjadikan lombok menjadi salah satu surganya surfing terbaik didunia yang banyak menarik wisatawanbaik domestik  maupun mancanegara.
2. TAMAN NASIONAL KEPULAUAN KOMODO

Taman nasional pulau komodo adalah salah satu taman nasional yeng bverada di indonesia tepatnya di nusa tenggar timur. taman nasional komodo terdiri atas tiga pulau besar dan dua puluh enam pulau kecil disekitarnya. taman nasional komodo memiliki sekitar sebelas gunung dan bukit dengan puncaknya yang tertinggi adalah gunung satalibo.
Taman nasional komodo adalah habitat asli salah satu satwa purba yaitu komodo yang hanya bisa ditemui di taman nasional komodo saja. taman nasionala komodo telah ditetapkan  oleh UNESCO sebagai salah satu peninggalan dunia
3. TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

Taman nasional gunung rinjani adalah salah satu tamn nasionla yanmg berada di indonesia tepatnya di nusa tenggara barat. gunung rinjani sendiri adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif dan merupakan gunung berapi yanmg kedua tertinggi di indonesia. di taman nasional gunung rinjani juga terdapat sebuah danau yang sangat luas bernama danau segara anak yang berarti laut kecil. danau ini terbentuk akibat meletusnya gunung rinjani yang diperkirakan terjadi pada zaman plistosen atau sekitar 1,8 juta tahun yang lalu.
4. DANAU TIGA WARNA KELIMUTU

Danau ini oleh dunia disebut sebagai salah satu dari sembilan keajaiban dunia. Danau tiga warna terletak di Gunung Kelimutu, Flores,NTT. Di sana ada tiga danau yang berdekatan namun dengan warna-warna yang berbeda. Danau kawah tersebut adalah Tiwu Ata Polo (danau merah), Tiwu Nua Muri Kooh Fai (danau hijau) dan Tiwu Ata Mbupu (danau biru). Danau Kelimutu merupakan satu-satunya danau di dunia yang airnya dapat berubah setiap saat, dari merah menjadi hijau tua dan kemudian merah hati, hijau tua menjadi hijau muda, coklat kehitaman menjadi biru langit. Fenomena alam ini merupakan keajaiban.
5. PULAU MOYO
Pulau Moyo, sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa,  Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia yang kerap dimanfaatkan selebritis mancanegara untuk berwisata ketenangan. Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya yang masih alami, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut.
THE BEAUTY OF CULTURE
1. TENUN SUMBA

Kain tenun Sumba, secara garis besar dibagi menjadi Hinggi yaitu kain untuk pria dan dan Lau Pahikung yaitu kain untuk wanita. Selain itu, warna kain tenun Sumba juga sedikit banyak dipengaruhi oleh lokasi. Di Sumba Timur, biasanya kain tenun berwarna dasar hitam dengan motif berwarna, sementara di Sumba Barat, kain tenun berwarna dasar biru tua dengan motif berwarna.
2. SASANDO

Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa tenggara timur . Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi.
Bagian utama sasando berbentuk tabung panjang yang biasa terbuat dari bambu. Lalu pada bagian tengah, melingkar dari atas ke bawah diberi ganjalan-ganjalan di mana senar-senar (dawai-dawai) yang direntangkan di tabung, dari atas kebawah bertumpu. Ganjalan-ganjalan ini memberikan nada yang berbeda-beda kepada setiap petikan senar. Lalu tabung sasando ini ditaruh dalam sebuah wadah yang terbuat dari semacam anyaman daun lontar yang dibuat seperti kipas. Wadah ini merupakan tempat resonansi sasando
3. PURA MERU

Pura ini merupakan Pura besar di P. Lombok dan salah satu Pura yang sangat menarik dan Indah, Pura Meru dibangun dengan maksud untuk tempat bersembahyang umat Hindu di Lombok, Pura Meru terdiri tiga halaman yang luas mebentang dari arah barat ke timur, halaman paling barat terdapat Rumah “Kulkul” atau Kentongan, halaman tengah terdapat dua buah bangunan besar yang beundak-undak (tangga); bangunan ini digunakan untuk tempat menyusun sesaji untuk Upacara dan Sembahyangan sedangkan halaman paling timur terdapat bangunan tiga buah menara menjulang tinggi yang terdiri dari susunan atap yang khas dan unik, sebelas susun atap pada menara tengah, dan sembilan susun pada menara kiri dan kanan, merupakan simbol dari Dewa Shiwa, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma.
4. SUKU SASAK

Suku sasak adalah suku bangsa asli yang mendiami pulau lombok , nusa tenggara barat. Dalam berkomunikasi suku sasak menggunakan bahasa asli sasak yaitu bahasa sasak. Suku sasak juga  mempunyai kebiasaan dan adat istiadat yang luhur dan tetap terjaga secara turun temurun.
THE BEAUTY OF SULAWESI

Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar di indonesia dengan luas wilayah 174.600 kilometer persegi. Pulau sulawesi memiliki pesona alam yang sangat luar biasa indah terutama keindahan bawah lautnya yang mempesona, selainj itu khasanah  budaya yang unik dan beragam menambah daya tarik dan kearifan lokal yang saangan menakjubkan.
THE BEAUTY OF NATURE
1. TAMAN NASIONAL BAWAH LAUT BUNAKEN

Taman laut Bunaken yang sangat terkenal, dengan area sebesar 75.26 hektar ini, terletak sangat dekat dengan Manado dan terdiri dari 5 pulau yang berdekatan yaitu Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage, dan Nain.
Tempat ini masuk dan menduduki 10 tempat menyelam yang terpopuler di dunia untuk dikunjungi dan diselami. Menawarkan penyelaman yang spektakular sampai pada kedalaman 100 meter dan air laut hangat yang mengundang.
2. TAMAN NASIONAL BAWAH LAUT TAKABONERATE

Taman Nasional Takabonerate memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia yaitu setelah Kwajifein di Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva. Luas atol tersebut sekitar 220.000 hektar, dengan terumbu karang yang tersebar datar seluas 500 km².
Wisata bawa laut di Takabonerate sangat menarik. Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak.Di antara pulau-pulau gosong karang, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal. Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam-kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil
3. KEPULAUAN TOGEAN

Kepulauan togean memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat luar biasa cantik. Karang karang laut yang beragam serta biota biota laut yang sangat banyak menjadikan taman bawah laut kepulauan togean sebagai salah satu lokasi penyelaman yang menarik. selain itu  keindahan alam berupa pulau pulau kecil nan indah serta pantai pantai yang indah juga terdapat di kepulauan togean.
4. KEPULAUAN SANGIHE
Kepulauan sangihe adalah suatu kepulauan yang terdiri dari gugusan pula pulau nan eksotis. kepulauan ini terletak di bagian utara pulau sulawesi. Kepulauan sangihe memiliki keindahan alam yang menakjubkan terutama keindahan taman bawah lautnya yang begitu mempesona.
5. KEPULAUAN WAKATOBI

Taman Nasional Wakatobi memiliki potensi sumberdaya alam laut yang bernilai tinggi baik jenis dan keunikannya, dengan panorama bawah laut yang menakjubkan. Secara umum perairan lautnya mempunyai konfigurasi dari mulai datar sampai melandai kearah laut, dan beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Kedalaman airnya bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter dengan dasar perairan sebagian besar berpasir dan berkarang.
Taman nasional ini memiliki 25 buah gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km. Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili.
THE BEAUTY OF CULTURE
1. TANA TORAJA

Tana Toraja merupakan salah satu daya tarik wisata Indonesia, dihuni oleh Suku Toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas dan masih menunjukkan gaya hidup Austronesia yang asli dan mirip dengan budaya Nias. Daerah ini merupakan salah satu obyek wisata di Sulawesi Selatan yang sangat menarik dan tidak boleh anda lewatkan.
2. KAIN KRAWANG

Kain krawang merupakan kain tradisional yang berasal dari Gorontalo. kain ini merupakan salah satu aset budaya yang harus dilestarikan. kain krawag memiliki ciri khas jika dibandingkan dengan kain tradisional lain yaitu dari segi motifnya yang unik dan berbeda dari yang lain.
THE BEAUTY OF MALUKU

Kepulauan Maluku adalah nama salah satu daerah di Indonesia yang dibagi atas dua provinsi yaitu wilayah provinsi Maluku dan Maluku utara. kepulauan maluku memiliki keindahan alam dan bawah laut yang sangat indah dan telah dikenal oleh wisatawan mancanegara. selain itu masyarakat maluku yang ramah dan memiliki kebudayaan yang unik menjadi salah satu daya terik maluku.
THE BEAUTY OF NATURE
1. KEPULAUAN BANDA

Kepulauan banda terdiri dari sepuluh pulau vulkanis yang tersebar di laut banda. kepulauan banda yang terletak di daerah segi tiga karang dunia menjadikannya mempunyai beragam terumbu karang yang sangat indah dan jenis ikan yang sangat beragam, karena keindahan dan keunikannya kepulauan banda telah tersohor sampai ke mancanegara.
2. TAMAN NASIONAL MANUSELA

Taman Nasional Manusela dikenal sebagai objek wisata alam dengan daya tarik tersendiri dengan pemandangan alam yang indah dan menarik serta topografi berbukit-bukit di antaranya tepi Markele, lembah Manusela, tepi Kobipoto, dataran Mual sebelah utara dan lembah Wae Kawa di sebelah selatan. Atraksi yang bisa dinikmati adalah menjelajah hutan, panjat tebing, pengamatan satwa/tumbuhan.

3. PANTAI PINTU KOTA





Pantai pintu kota adalah salah satu panatai di pulau ambon provinsi maluku yang sangat terkenal keindahannya. nama pintu kota diambil dari batu karang yang berlubang menyerupai sebuah pintu yang berada di sekitar pantai itu.

THE BEAUTY OF CULTURE

1. TIFA





Tifa merupakan alat musik khas daerah indonesia bagian timur khususnya maluku. Tifa merupakan alat musik jenis tabuh atau pukul yang biasa digunakan untuk mengiringi tari – taria dan upacara adat di maluku.

2. KESULTANAN TERNATE





Kerajaan Gapi atau yang kemudian lebih dikenal sebagai Kesultanan Ternate (mengikuti nama ibukotanya) adalah salah satu dari 4 kerajaan Islam di Maluku dan merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di nusantara. Didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada 1257.



Kesultanan Ternate memiliki peran penting di kawasan timur nusantara antara abad ke-13 hingga abad ke-17. Kesultanan Ternate menikmati kegemilangan di paruh abad ke -16 berkat perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militernya. Di masa jaya kekuasaannya membentang mencakup wilayah Maluku, Sulawesi utara, timur dan tengah, bagian selatan kepulauan Filipina hingga sejauh kepulauan Marshall di pasifik.

THE BEAUTY OF PAPUA


Pulau papua adalh salah satu pulau yang berada di Indonesia, pulau ini memiliki luas wilayah 786.000 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua didunia. Pulau papua di bagi atas dua negara wilayah administrasi yaitu indonesia dan papua nugini. Papua ( indonesia ) memiliki keindahan dan keeksotisan lam yang sangat mempesona terutama keindahan alam bawah lautnya yang sangat indah papua juga memiliki budaya yang sangat unik dan menarik.

THE BEAUTY OF NATURE



1. TAMAN NASIONAL KEPULAUAN RAJA AMPAT










Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Irian Jaya Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan pusat dari segi tiga karang dunia dan merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat di antara gugusan pulau ini adalah pulau terbesar yaitu pulau waigeo, missol, salawati, batanta dan ratusan gugusan pulau lainnya.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini karena raja ampat memiliki tujuh lima persen jenis karang didunia dan hampir seluruh spesies ikan dan biota biota laut spesies baru lainnya.
Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis pigmy seahorse atau kudalaut mini, wobbegong dan Manta ray. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie.

2. TAMAN NASIONAL TELUK CENDRAWASIH






Teluk cendrawasih  adalah teluk terbesar di Indonesia (1.453.500 hektar) dan menjadi rumah bagi begitu banyak jenis satwa dan tumbuhan. Taman nasional ini terletak pada 01° 43’ – 03° 22‘ Lintang Selatan and 134° 06’ – 135° 10’ Bujur Timur. Secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Wondama dan Nabire, Propinsi Papua Barat. Di Nabire ada tujuh kampung dengan 2,500 penduduk, sementara di Wondama ada 21 kampung dengan 15,000 penduduk. Karena masyarakat yang hidup di sekitar dan di dalam kawasan taman nasional sangat bergantung pada sumber daya laut untuk kehidupannya, mereka memelihara sumber daya tersebut secara hati-hati dengan menerapkan larangan-larangan tradisional. Luas tutupan terumbu karang di taman nasional ini mencapai 80,000 hektar dengan 238 jenis karang, berupa karang-karang berkelompok, karang tepi, karang penghalang, atol dan karang di perairan dangkal. Terumbu karang ini adalah rumah bagi 321 jenis ikan, 38 jenis gastrophoda dan 9 jenis lamun. Selain itu, 29 jenis bakau, 207 jenis moluska (12 diantaranya dilindungi) dan penyu juga dapat ditemukan disini. Mamalia seperti lumba-lumba, paus dan duyung juga sering terlihat.
3.  PUNCAK CARTENZ PYRAMID


Puncak cartenz pyramid merupakan salah satu puncak dari tujuh puncak paling terkenal didunia.
Terletak di rangkaian Pegunungan Sudirman, tepatnya di Taman Nasional Laurentz, Papua. Puncak Jaya atau Carstenz Pyramid merupakan salah satu dari tujuh puncak benua (The Seven Summit) versi Reinhold Messner yang menjadi incaran para pendaki gunung dari seantero dunia. Puncak berselimut salju abadi ini adalah puncak tertinggi di Asia Tenggara dan Pasifik. Bukan cuma itu. Salju abadi di Puncak Jaya juga merupakan satu dari tiga padang salju di daerah tropis yang terdapat di dunia, selain Andes di Argentina dan Kilimanjaro di Tanzania.
Puncak Jaya lebih dikenal di seluruh dunia sebagai Carstenz Pyramid (4884 meter). Nama Carstenz diambil dari nama belakang orang Eropa pertama yang melihat salju di puncak gunung tersebut, Jan Carstenz.

4. TAMAN NASIONAL LORENZ




Taman Nasional Lorentz merupakan perwakilan dari ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Kawasan ini juga merupakan salah satu diantara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis. Membentang dari puncak gunung yang diselimuti salju (5.030 meter dpl), hingga membujur ke perairan pesisir pantai dengan hutan bakau dan batas tepi perairan Laut Arafura. Dalam bentangan ini, terdapat spektrum ekologis menakjubkan dari kawasan vegetasi alpin, sub-alpin, montana, sub-montana, dataran rendah, dan lahan basah.
Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, terdapat pula beberapa kekhasan dan keunikan adanya gletser di Puncak Jaya dan sungai yang menghilang beberapa kilometer ke dalam tanah di Lembah Balliem.

THE BEAUTY OF CULTURE

1. SUKU ASMAT




Suku asmat adalah salah satu suku yang ada di pulau papua ( Indonesia ), suku asmat memiliki keunikan dan keeksotisan buidaya. kebudayaannya yang unik dan terbilang masih primitif membuat suku ini sangat menarik.

Demikianlah artikel tentang keindahan alam serta keberagaman budaya indonesia yang dapat saya sajikan.
Semua ini saya persembahkan untuk
NEGARA INDONESIA TERCINTA





0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Populer

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

mau pinter

membuat blog atau website? klik saja di sini

© Copyright 2011. All Right Reserved by Pondok Pengetahuan | Designed by Free Blogger Templates | Premium Wordpress Themes | Coupons Code | Free Icons